CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 13-11-2022 00:51:10

 

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika pertama kali mendengar kata bollard? Mungkin sebagian besar akan memikirkan tentang tiang pendek yang ada di pinggir trotoar. Atau sebagian dari Anda teringat patok tempat mengikat tali kapal. Jadi, sebenarnya apa itu bollard? Mengapa ada 2 pemahaman mengenai bollard ini? Jangan bingung, karena ternyata terdapat klasifikasi jenis-jenis bollard berdasarkan fungsi sehingga ada banyak pemahaman bollard yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda memahami lebih lanjut mengenai apa itu sebenarnya bollard. Serta mengetahui berbagai macam bollard yang ada di kehidupan sehari-hari. Simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal pengertian bollard dan perkembangannya
Bollard adalah tiang vertikal yang pendek dan kokoh. Istilah bollard pada awalnya mengacu pada benda patok untuk menambatkan tali kapal di dermaga pelabuhan. Tetapi sekarang, kata bollard juga merujuk ke komponen patok/ tiang/ tonggak untuk mengontrol lalu lintas jalan bahkan menjadi bagian dari elemen penunjang keamanan suatu bangunan.

Tak hanya itu, sekarang ini banyak bollard yang memiliki fitur lebih canggih yang memungkinkan bollard berperan lebih dari sekedar fungsi dasarnya saja. Yakni bollard dekoratif yang dibuat dalam berbagai bentuk dan gaya untuk menonjol secara visual dalam pengaturannya sehingga mampu mengubah tampilan suatu area.

Jenis-jenis bollard berdasarkan fungsi dan materialnya
Berikut ini adalah jenis-jenis bollard berdasarkan fungsinya:

Bollard kapal
Jenis bollard berdasarkan fungsi yang pertama yaitu dalam konteks maritim dimana istilah itu awalnya berasal. Bollard adalah tiang/ patok sebagai salah satu fasilitas dermaga atau pelabuhan yang digunakan untuk tempat tambatan tali kapal/ perahu ketika berlabuh. Dari sini banyak yang menyebutnya dengan sebutan bollard kapal, bollard pelabuhan, marine bollard, penambat tali kapal, dll. 

Bollard kapal ini biasanya terbuat dari besi baja tuang/ cor yang tersedia dalam berbagai kapasitas beban hingga berton-ton. Pemasangannya sendiri umumnya menggunakan anchor bolt dan dipasang pada tepi dermaga tempat kapal dapat ditambatkan.

Bollard lalu lintas
Jenis bollard yang kedua ini mungkin paling sering Anda jumpai. Yakni bollard lalu lintas atau sering disebut juga dengan bollard jalan dan bollard trotoar. Bollard jalan/ bollard trotoar merupakan jenis bollard yang berperan penting dalam keamanan berlalu lintas. Pasalnya ia dapat memisahkan berbagai jenis area lalu lintas, seperti kendaraan dan pejalan kaki.

Bollard ini biasanya terpasang pada sepanjang sisi trotoar untuk melindungi area trotoar dari gangguan kendaraan. Yang mana ketika ketahanan bollard tepat sesuai aturan dan jarak pengaturan yang benar, bollard dapat mencegah kendaraan masuk ke jalur trotoar mengambil hak para pejalan kaki. Selain itu, ia juga dapat memblokir/ menahan akses kendaraan yang tidak terkendali (kecelakaan) agar tidak masuk dan turut menabrak para pejalan kaki yang ada di trotoar.

Bollard utilitas bangunan
Jenis bollard selanjutnya memiliki fungsi yang hampir mirip sebagaimana bollard lalu lintas untuk memblokir akses hal-hal yang tidak diinginkan dari suatu area. Hanya saja, bollard ini sering digunakan pada kawasan bangunan seperti rumah sakit, museum, bangunan fasilitas pemerintah, dan bangunan-bangunan lain yang memerlukan keamanan tinggi. Pemasangan bollard pada kawasan tersebut berfungsi untuk mengamankan area pekarangan. Terutama jika ada kekhawatiran akan serangan aksi kriminal seperti perampokan maupun teroris berbasis kendaraan.

Bollard penerangan
Jenis bollard berdasarkan fungsi terakhir yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini adalah bollard penerangan atau bollard lampu. Jenis bollard ini berfungsi dalam dua cara, yakni untuk menerangi jalur serta menyediakan penghalang/ pembatas suatu area. Secara khusus perlengkapan pencahayaan dipasang pada bollard ini. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas di area pejalan kaki saat kondisi gelap atau minim cahaya. Selain itu, dengan adanya komponen lampu tersebut juga dapat menjadikan bollard sebagai hiasan yang mampu menghidupkan suasana dengan pencahayaan yang menarik.

Jenis bollard berdasarkan material
Bollard pada akhirnya memiliki fungsi secara umum yang sangat vital. Yang mana tidak hanya untuk fungsionalitas keamanan dan dekorasi, tetapi juga untuk penggunaan jangka panjang dengan perawatan minimal. Oleh karena itu, bollard harus terbuat dari bahan berkualitas tinggi untuk memastikan keausan dan korosi yang minimal agar tetap terlihat bagus selama bertahun-tahun yang akan datang. Pada saat yang sama, kualitas bollard juga harus teruji untuk memastikan kekokohannya dalam menahan beban kapal (bollard kapal) serta menahan laju kendaraan pada jenis bollard lalu lintas, utilitas bangunan, dan penerangan.

Untuk memenuhi persyaratan itu, kebanyakan bollard saat ini terbuat dari bahan besi cor dan aluminium cor yang solid. Kedua jenis material tersebut memiliki karakteristik yang sangat kuat, tidak mudah retak/ patah. Serta mampu beradaptasi dengan baik terhadap segala kondisi cuaca. Tak hanya itu, penggunaan material ini juga memungkinan pembuatan model bollard dekoratif, bollard antik, bollard minimalis, dan konsep desain lainnya yang tampak estetik

 

CV. GRATIA RUBBER GROUP

Kami Supplier rubber, parking system, security system dan safety equipment telah mendistribusikan ke seluruh Indonesia.

 

Beberapa produk yang kami produksi di antaranya:

 

  1. Rubber Fender M
  2. Rubber Fender V
  3. Rubber fender Cone
  4. Rubber fender Cell
  5. Rubber fender Cylinder
  6. Rubber Bumper D
  7. Pneumatic Fender
  8. Elastomeric Bearing Pad
  9. Rubber Fender Cell / Cone
  10. Bollard Kapal
  11. Deck Drain
  12. Gate Barriers
  13. Road safety
  14. Tripod turnstile
  15. X-ray scanner

Percayakan kebutuhan rubber product dan safety security kepada Kami, karena kami sudah berpengalaman dan banyak keuntungan yang akan diperoleh:

 

  • Produk berkualitas
  • Dapat dikirim ke seluruh Indonesia
  • BerGaransi

seowa

 

Supplier Rubber Air Bag Berkualitas Melayani Pengiriman Ke Kotamobagu Sulawesi Hub 0821 3306 0461

Posting by Admin

Supplier Rubber Air Bag Berkualitas Melayani Pengiriman Ke Kotamobagu Sulawesi Hub 0821 3306 0461 CV. GRATIA RUBBER GROUP Kami Supplier rubber, parking system, security system dan safety equipment telah mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Beberapa produk yang kami produksi di antaranya:Rubber Fender MRubber Fender VRubber fender ConeRubber fender CellRubber fender CylinderRubber Bumper DPneumatic FenderElastomer



42 Kali